- Ingatlah, semua orang akan mati.
 - Utamakan ibadah-ibadah fardlu sebelum tugas yang lain.
 - Ingatlah bahwa waktu hanya 24 setiap hari, dan tidak bisa ditambah.
 - Sebenarnya, kewajiban Anda lebih banyak dibandingkan waktu Anda. Putuskan waktu Anda untuk melakukan yang terbaik.
 - Tidak selamanya “diam itu emas”. Jika bicara lebih baik, maka bicaralah. Jika bertindak lebih baik, maka bertindaklah.
 - Nilailah waktu Anda.
 - Perlakukan waktu sebagai sumber daya yang harus dikelola.
 - Mengukur waktu Anda.
 - Menilai berapa banyak waktu yang Anda miliki untuk mengelola.
 - Negosiasikan agar lebih banyak kendali atas waktu kerja Anda.
 - Tentukan pola kerja terbaik untuk diri sendiri.
 - Mengendalikan tugas-tugas Anda.
 - Memiliki kebebasan untuk menyeimbangkan tugas-tugas Anda.
 - Bekerja dengan kecepatan yang lebih.
 - Miliki rencana ke depan.
 - Menyeimbangkan tuntutan pada waktu Anda.
 - Jangan bekerja lebih dari yang Anda butuhkan.
 - Cobalah “sambil menyelam, minum air”
 - Gunakan waktu untuk mendapatkan hasil, bukan hanya menggugurkan kewajiban.
 - Lakukan sesuatu yang produktif dan menyenangkan setiap hari.
 - Bertanya: “apa yang terbaik dilakukan sekarang?”
 - Identifikasi pemboros waktu.
 - Memiliki tujuan hidup Anda.
 - Efektif …
 - … Dan kemudian efisien.
 - Jangan terburu-buru atau terlalu banyak pekerjaan.
 - Lakukan tugas harian secara variatif.
 - Menghabiskan hingga seperempat hari Anda pada tugas-tugas rutin.
 - Lakukan tugas-tugas rutin dalam waktu sesingkat mungkin.
 - Mengembangkan kebiasaan yang baik.
 - Coba lakukan tugas rutin dengan metode yang berbeda.
 - Memanfaatkan jalan pintas.
 - Siapkan materi Anda di muka.
 - Merapikan saat Anda pergi.
 - Otomatisasi.
 - Identifikasi penghambat kerja (bottle neck) dan menghilangkan mereka.
 - Buat arus pekerjaan mudah.
 - Gunakan sistem “just-in-time” untuk meminimalkan kekacauan.
 - Selesaikan tugas-tugas yang sama sekaligus.
 - Mengidentifikasi metode kerja tercepat dan kemudian melatih semua orang.
 - Tahu mana pekerjaan dapat dipercepat dan yang tidak bisa.
 - Memiliki slot waktu yang teratur untuk tugas-tugas.
 - Menyisihkan waktu untuk tugas-tugas pemeliharaan.
 - Jangan mengambil dokumen yang tidak perlu.
 - Mengatur filing sistem (pengarsipan).
 - Back up komputer Anda secara rutin.
 - Hapus file secara teratur.
 - Jaga agar meja Anda bersih
 - Tangani setiap selembar kertas hanya sekali.
 - Hilangkan junk mail dan spam.
 - Telepon daripada menulis.
 - Jangan apa-apa fotokopi kecuali adalah penting.
 - Mengirim balasan pada selembar kertas yang sama.
 - Jaga komunikasi Anda manis dan pendek.
 - Mengelola proyek Anda dengan perkiraan waktu, biaya dan kualitas.
 - Jalankan proyek dengan rencana waktu yang terperinci.
 - Tambahkan pada 20% pada rencana awal proyek Anda.
 - Memiliki daftar terperinci dari tugas-tugas proyek Anda.
 - Buat serangkaian tenggat waktu untuk proyek-proyek Anda.
 - Cari link yang lemah dalam proyek Anda dan memiliki rencana back-up.
 - Streamline yang rendah dalam proyek menjadi prioritas.
 - Tetaplah lebih depan dibandingkan dengan jadwal proyek Anda.
 - Melacak dan memonitor kemajuan proyek Anda.
 - Menghabiskan hingga seperempat hari Anda pada pekerjaan berjalan.
 - Memiliki visi yang jelas tentang tujuan Anda.
 - Selaraskan tujuan Anda dengan nilai-nilai Anda.
 - Tuliskan tujuan Anda.
 - Rencanakan area hasil kunci Anda.
 - Buat tujuan jangka pendek dengan metode SMART.
 - Identifikasi pekerjaan yang Anda benci dan delegasikan.
 - Memecah pekerjaan besar menjadi potongan kecil.
 - Prioritaskan tugas-tugas Anda sesuai dengan kepentingannya.
 - Bila Anda kewalahan, tulis to-do list dan prioritaskan.
 - Rencanakan hanya menggunakan 60% dari hari Anda, meninggalkan sisanya untuk apa yang muncul tiba-tiba (yang tidak direncanakan).
 - Masukkan pekerjaan besar dalam buku harian Anda terlebih dahulu, kemudian yang kecil.
 - Rayakan mencapai tujuan Anda.
 - Menghabiskan hingga seperempat hari Anda untuk melakukan tugas yang tidak rutin.
 - Luangkan waktu untuk duduk dan berpikir.
 - Jagalah kesehatan Anda.
 - Luangkan waktu untuk menikmati dan menghargai.
 - Gunakan energi saat ini.
 - Kadang-kadang hanya melakukan apa yang ingin Anda lakukan.
 - Ambil istirahat setidaknya setiap 90 menit.
 - Review secara harian atau mingguan.
 - Menghabiskan hingga seperempat hari Anda dengan orang lain.
 - Selalu muncul untuk rapat tepat waktu.
 - Jadilah sopan dan cepat dengan orang lain.
 - Hanya mengadakan pertemuan yang memiliki tujuan yang jelas.
 - Biarkan orang tahu kapan Anda tidak bebas (sibuk).
 - Meminimalkan interupsi yang tidak perlu.
 - Belajar mengatakan Tidak untuk pekerjaan yang bukan milikmu.
 - Kontrol telepon Anda.
 - Saring semua panggilan masuk.
 - Rancangan kebijakan waktu dalam tim.
 - Simpanlah jam di dinding.
 - Latihlah konsentrasi Anda.
 - Latihlah keterampilan yang berkaitan dengan pekerjaan Anda sehari-hari.
 - Memahami kebribadian Anda terkait waktu.
 - Periksa apakah Anda memiliki kecenderungan untuk kerja lembur? Perbaiki, itu tanda tidak baik.
 - Syukuri dan nikmati waktu Anda
 
Thursday, 23 December 2010
100 Tips Manajemen Waktu
  Subscribe to:
  
Post Comments (Atom)

0 Comments:
Post a Comment