Monday, 1 August 2011

Jangan Minum Teh Saat Sahur (???)

Ada berbagai legenda asal mula teh, namun yang terpopuler adalah legenda Kaisar Shen Nung dari provinsi Yunan-Cina pada tahun 2737 SM. Ketika sedang memasak air minumannya, dengan tidak sengaja sehelai daun yang berasal dari ranting kering yang dipakainya sebagai kayu bakar, terbang dan tercelup ke dalam ketel air. Air seduhan daun tersebut kemudian menghasilkan sebuah minuman baru yang beraroma khas yang hingga kini dikenal sebagi teh.

Teh merupakan hasil pengolahan pucuk daun muda tanaman teh (Camellia sinensis). Minum teh sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, mulai dari es teh, teh hangat, teh botol, teh celup sampai permen teh. Bahkan ketika makan di rumah makan, menu yang pasti selalu ada adalah es teh.

Walaupun demikian, perlu diketahui bahwa teh mengandung kafein, yang bersifat diuretik (membuat dehidrasi). Jadi, menurut terori, bila kita menkonsumsi teh saat sahur, dikhawatirkan akan membuat kita cepat mengalami haus saat berpuasa.

Walaupun demikian, baru-baru ini, sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa dengan minum 4-6 gelas teh setiap hari, khasiat yang didapat sama baiknya dengan meminum 1 liter air putih untuk menjaga tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Penelitian juga tidak menemukan adanya efek buruk bagi kesehatan selama partisipan mengonsumsi teh.

Sebanyak 21 responden diminta untuk meminum 4 gelas teh berukuran 240 ml (sama dengan satu liter) dalam waktu 12 jam yang disajikan dalam keadaan hangat. Teh juga dicampur dengan 20 ml susu skim tanpa gula.

Penelitian diulangi lagi dengan menggunakan 6 gelas teh dan air putih berukuran sama (setara dengan 1,5 liter). Hasilnya, sampel darah responden yang mengonsumsi teh dan air putih yang diambil sebelum dan sesudah tes tidak ditemukan adanya perbedaan tingkat hidrasi. Penelitian ini sendiri telah dipublikasikan di British Journal of Nutrition. Bagaimana menurut kawan-kawan??

Sumber: dari situs keren di sini, sana, sono dan situ

4 Comments:

Pondrafi said...

dulu aku pernah baca juga klo teh bisa cepat membuat dehidrasi.. makanya beberapa tahun belakangan, aku selalu minum air putih saat sahur. dan kayakyna ada perbedaan juga. lebih enak dan enteng kalo minum air putih daripada minum teh..

ibnu said...

saya suka minum teh
tapi saya lebih suka minum kopi

Muhammad Nafarin said...

saya pernah baca di internet bahwa minum susu saat sahur lebih baik, karena banyak mengandung protein dan karbohidrat.. jadi lebih kuat deh puasanya ?
bagaimana menurut anda ?

Zakaria Husein Abdurrahman said...

yup ada benarnya. tapi tidak dianjurkn ya untuk yang laktosaintoleran ya. ganti saja dengan makan banyak sayur dan daging :)