Monday, 5 September 2011

Andai Pak Adam Malik Nge-Blog

"This is a blog walking" tulis si Joko yang orang Jawa Tengah, di shout box-nya si Ahmad
"salam kenal, awak from Brunei" si Ahmad juga nulis di blognya si Joko
--------
Di tempat yang lain
--------
"wow, nice site, nice blog" komen si Tina dari Thailand
"thanks for read it" jawab komen dari si Ujang yang orang Jawa Barat


ya ya ya, kisah di atas hanya fiktif belaka, kesamaan nama, tokoh, dan tempat hanya kebetulan belaka hohoho.. begitulah yang namanya dunia ngeblog (sok tahu saya ya hehehe..), kita dapat mengenal banyak orang, kita dapat membaca info dari orang lain, bahkan kita juga dapat berbagi info, tanpa batas tempat, usia, waktu, dan bangsa. bahkan samudra pasifik yang konon gede banget bisa disebrangi tanpa pesawat dan kapal, hohoho..

Yang ada dalam benak saya adalah bagaimana keadaan tahun 1967 ketika terjadi penandatanganan Deklarasi Bangkok oleh 5 (lima) orang hebat wakil dari Indonesia, Malaysia, Philipina, Singapura dan Thailand. Saat itu jarak antar negara masih terasa, mungkin belum ada yang namanya nongkrong blogger, ato jejaring sosial seperti saat ini. Saya membayangkan, apakah saat itu Pak Adam Malik nge-blog kemudian terjalin hubungan dengan wakil negara ASEAN yang lain untuk janjian di Bangkok? ho3x tentu saja tidak.

Jadi, sungguh sangat mudah zaman sekarang ketika kita dapat menjalin hubungan lewat blog ini, menjalin persatuan antara negara-negara ASEAN lewat ASEAN BLOGGER. Sebaliknya, komunitas ASEAN BLOGGER juga dapat menjadi filter dan pengawas dari interaksi yang ada di kalangan blogger Indonesia dengan blogger di kawasan ASEAN sehingga blog bukan malah menjadi senjata makan tuan dan menjadi sarana perpecahan di antara masyarakat ASEAN. 


Luar biasa kan? ketika nantinya semisal para pemimpin ASEAN memberi suatu instruksi, tapi ternyata seluruh rakyat (terutama ASEAN BLOGGER) sudah tahu dan sudah siap untuk melakukan instruksi itu? ya, itulah kelebihan blog, tanpa batas tempat, ruang dan waktu

Kerja sama yang sudah dijalin sejak 1967 ini semoga lebih mantap, lebih kompak, dan lebih intens terutama para pemuda dan blogger. Saya yakin,  ASEAN BLOGGER bisa menjadi titik mula kemajuan ASEAN yang akan diwujudkan dalam Komunitas ASEAN 2015 yang meliputi tiga pilar yaitu Komunitas Politik dan Keamanan ASEAN (KPKA), Komunitas Ekonomi ASEAN (KEA) dan Komunitas Sosial-Budaya ASEAN (KSBA). Mimpi kita bisa melebihi persatuan yang dimiliki oleh Uni Eropa. Mimpi yang tidak berlebihan untuk diwujudkan ^_^



5 Comments:

Sindhu said...

Iya, dgn blog arus informasi kian cepat sampai ke telinga masyarakat luas.
Salah satu media promosi yang efektif.

Jak, ikut kompetisi blog Aseanblogger juga?
Eh, blm ada pengumuman ya? Aq liat di akun twitter dan website resminya juga ga ada pengumuman pemenang.
Padahal, udah lewat dari tanggal pengumuman yg telah ditentukan.

Zack Hoes said...

siip..

iya nih ikut,kmu juga ternyata ^_^ ya sabar ditunggu aja, moga2 ga diboongin hehehe..

Sindhu said...

Iya, aq ikut juga.
Ini tulisanku: http://0sprey.wordpress.com/2011/09/07/laskar-blogger-sebagai-pendorong-dan-pengawal-komunitas-asean-2015/

Aq dapet info di Twitter, kalo pengumumannya tgl 15 Oktober ini. :)

wayhitam3 said...

bagus....
cb ja dlulu dah ada bloger,
indonesia sangat luarbiasa,
tapi sayangnya iptek dulu belum seperti sekarang luarbiasa dari,,
ibarat kata tidurpun bisa ngeblog,,,

hehheheh

Zakaria Husein Abdurrahman said...

mari kita manfaatkan sebaik2nya :)