Monday 21 September 2015

Tips dan Trik Lolos Ke Pimnas

PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) adalah muara dari kegiatan PKM dan merupakan event tahunan yang paling bergengsi bagi seluruh mahasiswa di Indonesia. Nah, bagaimana caranya supaya bisa lolos di event yang setiap tahun selalu berpindah tempat pelaksanaannya ini? Ada beberapa tips dan trik yang telah dibocorkan oleh para juri maupun peserta yang lolos. Berikut penulis rangkum dari berbagai acara yang menghadirkan para juri maupun peserta yang lolos PIMNAS.

1. Selamat, namamu tercantum di deretan peserta lolos pendanaan PKM!! Ketika namamu sudah tercantum sebagai peserta lolos pendanaan PKM, segera lakukan persiapan pelaksanaan programmu walaupun dana dari DIKTI belum turun, karena biasanya jarak antara pengumuman dengan laporan pertanggungjawaban cukup pendek. Jangan membuang waktu walaupun hanya sehari

2. Jaga kekompakan satu tim, jaga semangat, biasanya pertengahan waktu pelaksanaan program merupakan saat terberat.

3. Apakah dengan melaksanakan program dengan maksimal sudah cukup? Belum. Para Juara di PIMNAS masih membagikan satu rahasia lagi yang sangat penting dan berpengaruh besar dalam menentukan kelolosan ke PIMNAS, yaitu publikasi. Hampir semua peserta PIMNAS sebelumnya telah mempublikasikan kegiatannya di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Ini merupakan poin yang sangat besar dan menunjukkan keberhasilan sebuah program, sedangkan publikasi hasil kegiatan penelitian dapat dipublikasikan di jurnal, baik jurnal terakreditasi nasional maupun jurnal internasional. Poin terakhir ini banyak diakui sebagai metode paling efektif untuk mendongkrak nilai laporan kegiatan PKM sehingga dapat lolos menuju PIMNAS.

Demikian 3 tips dan trik lolos PIMNAS. Semoga PKMmu lolos, selamat berjuang!


0 Comments: