Tuesday 13 December 2011

AYAM KELAS ASIA


            Ciri-ciri ayam kelas Asia antara lain:
a.       Bentuk badan besar
b.       Memiliki tulang yang besar dan kuat
c.        Cakarnya berbulu
d.       Cuping telinganya merah
e.        Memiliki kerabang telur yang berwarna cokelat
f.          Mempunyai sifat mengeram

Bangsa-bangsa ayam kelas Asia yang terkenal antara lain:
  1. Brahma
Ayam Brahma berasal dari India. Ciri-cirinya antara lain gerakannya lamban, jenggenya berbentuk pial, pertumbuhan bulu baik dan longgar, berat badan jantan 4,56-5,50 dan betina 3,65-4,33. ada tiga macam varietas ayam Brahma yaitu light (berbulu terang), dark (berbulu gelap), dan buff (berbulu keemasan)


  1. Cochin
Dikenal juga sebagai ayam Shanghai. Varietas yang termasuk ayam ini adalah Buff, Partridge, White, dan Black Cochin. Cirinya antara lain geraknya lamban dan sukar berjalan, memiliki bulu kaki yang tebal, produksi telur sedikit, bersifat mengeram, jengger tunggal, kulit kuning, kaki pendek, paruh dan cakarnya berwarna kuning.


  1. Langshan
Bangsa ayam ini berasal dari daratan Cina utara. Varietas ayam ini yang terkenal adalah Langshan hitam dan Langshab putih. Berat badan jantannya berkisar 3.65-4,83 kg dan yang betina berkisar 2,96-3,42 kg. Ciri-cirinya antara lain bertubuh kecil dan pendek bila dibandingkan ayam Brahma dan Cochin, tetapi kakinya lebih panjang, jenggernya berbentuk tunggal, kerabang telur coklat, berdiri tegak,berbulu tipis, dan cakarnya berbulu sedikit.


DAFTAR PUSTAKA
Welp. 2009. www.welphatchery.com/rare/black_langshan.asp. diakses 9 September 2009
Yuwanta. 2004. Dasar Ternak Unggas.  Kanisius. Yogyakarta

0 Comments: