Sunday 5 June 2016

Membuat Akun di academia.edu

Academia.edu merupakan salah satu situs jejaring sosial bagi para akademisi, ilmuwan dan peneliti untuk berbagi paper dan menjalin relasi. Misinya sendiri adalah untuk “accelerate the world's research”. Menurut saya situs ini lebih mudah digunakan dan SEO friendly dibandingkan situs sejenis, seperti researchgate. Cara mendaftar di academia.edu juga sangat mudah. Namun, untuk mendownload paper yang diunggah di academia.edu, kita harus sudah punya akun. Tanpa akun kita tidak dapat mendownload paper secara bebas.
Selain dapat berbagi paper dan informasi, kita juga dapat memantau seberapa banyak orang yang telah membaca tulisan kita. Menurut informasi dari academia.edu, sudah ada 38.262.027 akademisi yang terdaftar di situs jejaring sosial yang dipimpin oleh Richard Price ini, dengan jumlah paper yang diupload mencapai 12.818.350. Situs academia.edu menyebutkan bahwa situsnya dikunjungi hampir 36 juta orang per bulan, mungkin itu termasuk saya ya. Akun saya di Academia.edu sudah ada sejak tahun 2010 tetapi baru memiliki 1 file upload. Dahulu kita bahkan bisa update status layaknya di Facebook. Namun seiring perkembangan dan pergantian tampilan situsnya, kini pada tahun 2016 academia tampak lebih simple.
Bagaimana caranya memiliki akun di academia.edu?

Pertama silakan kunjungi www.academia.edu atau klik di sini

Klik sign up untuk mendaftar. Anda bisa mendaftar lewat Google+ atau lewat Facebook, atau bisa pula mendaftar dengan E-mail. Jadi, ada 3 cara, silakan pilih yang disukai. Berikut saya beri contoh mendaftar lewat email. Setelah saya klik sign up lewat e-mail, maka terlihat tampilan seperti gambar di bawah. Isilah semua data yang diminta


Selamat Anda sudah memiliki akun di academia.edu silakan dicek dan dimanfaatkan semua fasilitas dan fungsi yang ada, seperti akun milik saya ini. Jangan lupa isi ketertarikan Anda di bidang apa dan dari institusi mana.

Demikian sedikit cerita mengenai academia.edu. Apabila ada pertanyaan maupun diskusi silakan tinggalkan komentar di bawah

3 Comments:

obat kutil kelamin said...

terima kasih infonya gan ,,, infonya sangat bermanfaat

Jual Obat Gatal Eksim said...

Salam Buat Semua....

Merry's Blog said...

Apakah academia edu berbayar? Tolong di jawab