Monday 6 June 2016

Refresh Materi Mata Kuliah Dasar Ternak Potong dan Kerja Semester II Tahun 2016

Protein hewani memiliki keunggulan dibandingkan dengan protein nabati berhubung memiliki komposisi asam amino lebih lengkap serta kecernaan yang lebih baik. Sektor usaha peternakan memegang peranan besar dalam mewujudkan pemenuhan kebutuhan pangan hasil hewani, terutama daging ternak potong seperti sapi, domba, kambing dsb. Sapi sendiri terdiri dari berbagai bangsa baik dari luar negeri maupun asli Indonesia. Dapatkah Anda menyebutkan 10 saja bangsa sapi potong? Semua bangsa ternak potong tentu saja membutuhkan pakan sebagai sumber energi untuk hidup dan menghasilkan produk ternak seperti daging, tahukah Anda penggolongan pakan secara internasional? Apabila pakan tidak terpenuhi baik kualitas maupun kuantitasnya maka ternak beresiko akan mengalami sakit menular maupun penyakit tidak menular. Apakah Anda tahu apa perbedaan penyakit menular maupun penyakit tidak menular dan manakah yang lebih berbahaya? Setelah pakan terpenuhi, Anda juga harus memperhatikan kandang ternak, karena merupakan tempat bagi ternak untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari. Hal yang harus diperhatikan dalam pembangunan kandang adalah lahan, pemilihan lokasi, bentuk dan fungsi bangunan, pagar dan pembatas, dan yang tidak kalah penting adalah ketersediaan air.

Penanganan ternak yang baik sangat penting untuk keselamatan manusia dan ternak, antara lain adalah penanganan untuk persiapan pemotongan hewan dengan cara merobohkan ternak menggunakan berbagai metode. Pentingnya mengetahui dan menguasai teknik merobohkan ternak adalah untuk menjaga keamanan dan keselamatan hewan ternak, keamanan dan keselamatan manusia, efisiensi waktu dan biaya, dan menghargai kesejahteraan hewan (animal welfare). Apakah Anda tahu manfaat lain dari pentingnya mengetahui dan menguasai teknik merobohkan ternak selain dari yang telah saya sebutkan?

Ternak yang telah dikastrasi dipercaya dapat memberikan manfaat bagi manusia, contohnya adalah agar ternak menjadi tenang dan jinak; mengendalikan populasi; dan meningkatkan nafsu makan sehingga mempercepat pertumbuhan otot (daging), Prinsip dasar kastrasi adalah untuk menghilangkan fungsi alat (testis) dan sel kelamin jantan. Namun, tidak semua ternak perlu dikastrasi. 

Seperti halnya kastrasi, pelaksanaan recording memiliki manfaat yang tidak kalah penting, diantaranya adalah mengetahui tanggal lahir ternak, mengetahui perkembangan kesehatan ternak, mengetahui potensi ternak, serta menghindari inbreeding. Menurut Anda masih adakah manfaat lain dari recording?

Tujuan utama pemeliharaan ternak potong adalah untuk mendapatkan daging, sehingga perlu dilakukan pengukuran untuk mengetahui potensi ternak. Hewan ternak yang masih hidup dapat diukur dengan cara penimbangan, vital statistik, dan body condition Score (BCS). Pengukuran dengan metode BCS dilakukan dengan cara melihat pertumbuhan otor pada punggung (loin), paha, dan pantat. Penggunaan metode BCS biasanya dilakukan oleh orang yang memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi karena tidak menggunakan alat khusus seperti metode lainnya (penimbangan dan vital statistik).

Demikian sedikit refresh mata kuliah Dasar Ternak Potong dan Kerja. Ibarat air di lautan, refresh ini adalah setetes saja dari seluruh air laut yang ada.

0 Comments: